Menstruasi lebih dari seminggu

IF Info Penanya: IF, Wanita, 24 Tahun
Selamat pagi dok, dok umur saya 24 tahun saya sudah menstruasi 11 hari dan perut saya terasa kencang dan sakit apakah ada pengaruh dari menstruasi saya dok. Dan cara untuk menghentikan menstruasi gimana dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gangguan menstruasi adalah hal yang umum dialami oleh wanita. Periode atau durasi haid merupakan salah satu hal yang juga kerap kali mengalami gangguan. Secara umum durasi haid wanita berkisar antara 3-5 hari. Namun, rentang 2-7 hari masih dianggap normal. Salah satu gangguan durasi menstruasi yang kerap terjadi adalah menstruasi yang memanjang atau yang dikenal dengan menorrhagia. Hal ini juga berkaitan dengan volume darah yang hilang. Secara normal jumlah hilangnya darah dalam menstruasi adalah sekitar 30-40 mL dan berlangsung selama 4-5 hari. Sedangkan seseorang dianggap mengalami menorrhagia apabila terjadi kehilangan darah yang melebihi 80 ml dalam siklus menstruasinya yang berlangsung lebih dari 7 hari. 

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang durasi haid yang melebihi satu minggu, dapat terjadi karena berbagai faktor berikut ini, diantaranya adalah :

  • penyakit von willebrand
  • perdarahan uterus disfungsional
  • ketidakseimbangan hormon
  • adenomiosis
  • polip rahim
  • fibroid rahim
  • alat kontrasepsi IUD
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • kanker

Mengenai keluhan Anda, perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan lebih lanjut. Umumnya dokter akan menyarankan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan rahim Anda dan akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Jika ada gangguan hormonal, dokter mungkin akan memberikan obat hormonal untuk menghentikan keadaan mestruasi terus-menerus yang Anda alami.

Untuk meringankan gejala yang dialami, cobalah untuk memperbanyak minum ai rputih, mengonsumsi makanan kaya akan zat besi dan jika perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi tersebut, serta mengonsumsi suplemen atau makanan kaya akan vitamin C.

Apabila keluhan tidak juga membaik, segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!