Menstruasi lebih awal apakah hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Misi dok. Saya mau nanya bulan lalu saya menstruasi tanggal 10 lalu saya berhubungan intim tanggal 29 , bulan ini saya menstruasi lebih awal tanggal 6 tapi setiap saya berhubungan intim selalu di keluarin di luar karena lgi Nunda, apa itu hamil atau tidak dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam J,

Siklus menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan lama perdarahan 3-7 hari. Apabila menghitung siklus menstruasi sebaiknya dihitung berapa harinya dari hari pertama haid terakhir siklus sebelumnya ke hari pertama haid terakhir berikutnya. Jadi jika siklusnya lebih pendek misalnya 28 hari, maka jika melihat kalender dapat lebih cepat.

Apabila masih ingin menunda untuk tidak hamil terlebih dahulu, ada baiknya menggunakan kontrasepsi seperti kondom atau pil KB yang tidak memiliki efek samping yang berat ataupun penggunaanya yang mudah dan efektif untuk mencegah kehamilan.

Jika tanggal 6 menstruasi hanya berupa flek, perlu diperhatikan ada tidak gejala atau tanda kehamilan lain yang bisa mirip dengan gejala PMS seperti rasa tidak nyaman di perut bawah, mual, payudara yang lebih sensitif, mood yang lebih sensitif. Bisa juga dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack jika menstruasi berlangsung singkat ataupun hanya berupa flek saja.

Jika menstruasi deras dan berlangsung dengan durasi normal, maka kemungkinan hamil lebih kecil dan bisa merupakan menstruasi biasa yang mendakan tidak terjadi pembuahan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium

Berbeda dengan Haid, Flek Saat Terjadi Nidasi Adalah Tanda Positif Hamil

Setelah pasangan berhubungan seksual dan dinyatakan positif hamil, sebenarnya ada perjalanan panjang menuju ke sana. Salah satunya adalah nidasi atau implantasi. Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium.