30 May 2020, 18:59Kandungan

Bagaimana tanda-tanda menopause?

EC
Info Penanya: EC, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam dok, saya wanita berusia 49 tahun. setahun terkahir ini siklus menstruasi saya menjadi pendek. Dalam 1 bulan bisa mens 2x dengan durasi mens 7-10 hari. Belakangan ini, saat mens saya sering keluar gumpalan darah yg membuat perut terasa kram. Apakah ini normal menoupouse apakah saya perlu untuk USG?
10783 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore EC,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Setiap wanita akan mengalami menopause, yaitu masa ketika siklus menstruasi berakhir secara alami, di usia 40 hingga 50-an. Wanita dikatakan mengalami menopause apabila ia tidak lagi mengalami menstruasi dalam waktu 12 bulan berturut-turut, padahal sebelumnya menstruasinya normal dan teratur.

Beberapa tanda menopause :

  • Menstruasi tidak teratur
    Saat mendekati masa menopause, wanita mungkin akan mengalami perubahan siklus menstruasi yang ditandai dengan haid yang tidak teratur atau berubah-ubah.
  • Masalah pada saluran kemih
    Sulit menahan pipis, buang air kecil menjadi lebih sering, hingga nyeri atau anyang-anyangan saat buang air kecil.
  • Sensasi rasa panas
    Rasa panas yang menyebar dari wajah dan leher hingga ke tubuh merupakan tanda menopause yang paling umum.
  • Vagina Kering
    Terjadi karena penurunan produksi hormon estrogen dan progesteron menurun.
  • Gairah seks menurun
    Penurunan hormon estrogen yang terjadi saat menopause dapat membuat klitoris menjadi kurang peka terhadap rangsangan seksual, serta vagina menjadi kering dan kurang elastis.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini :

  • Dinginkan tubuh dengan minum air dingin dan mengenakan pakaian yang dapat menyerap keringat. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman panas, makanan pedas, dan minuman beralkohol, serta jauhi tempat yang bersuhu panas.
  • Agar kualitas tidur tetap baik sekaligus meringankan gejala mood swing, lakukan olahraga ringan dan teknik relaksasi secara teratur (misalnya dengan yoga dan meditasi), serta hindari konsumsi minuman berkafein atau beralkohol.
  • Untuk meringankan keluhan pada saluran kemih, seperti sulit menahan pipis dan peningkatan frekuensi buang air kecil, lakukanlah Senam Kegel secara rutin.
  • Agar hubungan seksual menjadi lebih nyaman, gunakan pelumas vagina berbahan dasar air.
Jika tanda-tanda menopause dirasa sangat menganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
menopausediet perimenopausegangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil