Menstruasi hanya 1 hari dan sedikit saat menggunakan obat KB

II Info Penanya: II, Wanita, 2019 Tahun
,,dok sya igin bertya.. Sya halagan dok cuman ko tidk deras n hya sehri berhenti n besok y hlagan g dok emag tmpa rsa skit dok, sya juga disertai rasa mual dok... N di perut trsa yeri2 gitu... Apa sebab y dok?? Pdhal sya minum obat KB dog.. Biasa y jika minum obat KB... Di pil yg putih bru dpet halagan dok... Ni sya blum hbis obat yg kunig y ko uda halagan y dok... Tlog bntu jawab dok,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I

Thank you for the question.

Pil KB kandungannya adalah hormon. Pada pil putih-biru ada beberapa yang warna kuning itu tidak mengandung hormon. Dengan harapan bila belum mulai mens sesudah minum pil putih-biru sampai selesai. Mens akan keluar karena pil kuning tidak ada hormonnya sehingga kadar hormon akan berkurang. Dan menstruasi bisa terjadi. Menstruasi juga keluarnya bervariasi bisa normal, bisa sedikit atau bisa banyak. Yang penting mensnya tidak sampai >1 minggu karena anda bisa menjadi anemia / kurang darah.

Efek mual dan nyeri perut diakibatkan karena efek hormon. Sama juga dengan siklus haid biasa tanpa menggunakan pil. Kadang akan timbul gejala PMS yaitu mual, nyeri perut, nyeri payudara, pusing, dan lainnya. 

Jadi teruskan saja minum obat yang kuning sesuai jadwal dan dilanjutkan dengan bungkus yang baru setelah yang lama selesai. Setelah beberapa bulan penggunaan siklus akan lebih teratur.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.