Menstruasi hampir setiap Minggu setelah KB suntik ?

AR Info Penanya: AR, Pria, 19 Tahun
Saya ikut kb suntik 3 bln,kenapa saya sering menstruasi hampir setiap minggu dengan jumlah sedikit.Seringkali keluarnya menstruasi itu stelah berhubungan,itu kenapa ya dokter??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu A,

KB suntik 3 bulan adalah metode kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestin. Kontrasepsi ini mencegah pengeluaran sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. 

Perubahan haid bulanan merupakan ekfek samping yang sangat umum terjadi dari KB suntik ini. Hal ini terjadi kaeran perubahan hormon setelah KB. Menstruasi akan menjadi normal apabila Anda menghentikan menggunakan KB ini. 

Jika pendarahan terus berlangsung dan berkepanjangan di sarankan untuk ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Biasanya dokter akan memberikan obat estrogen tambahan untuk membantu memperbaiki jaringan dan proses pembekuan darah.

Salam Sehat 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dental dam bisa menjadi salah satu alternatif pengaman ketika Anda melakukan seks oral

Mengenal Dental Dam, Kondom Khusus Wanita Saat Seks Oral

Meski penyebaran penyakit menular seksual lebih rendah melalui seks oral, risiko ini tetap ada. Selain dengan memakai kondom pria, Anda juga bisa memanfaatkan dental dam ketika ingin melakukan seks oral pada pasangan wanita Anda.