Menstruasi dan KB suntik apa kaitannya?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya mau bertanya seputar KB suntik. Jadi begini, bulan maret tgl 3 lalu saya terakhir suntik KB satu bulan dan berakhir menstruasi pada tanggal 26 maret.Tadinya semenjak kelahiran anak ke dua saya KB 3 bulan tidak menstruasi hanya flek saja. kembali ke menstruasi, saya mens sampai awal april dan akhirnya telat suntik KB, namun tiba2 saya di tespeck positife. padahal saya tidak berhubungan suami istri. pertanyaannya apa bisa kemungkinan hamil terjadi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Sepertinya informasi yang Anda sampaikan tidak runtut. Yang benar terakhir menstruasi tanggal 3 Maret atau awal April? KB yang dipakai KB 1 bulanan atau KB 3 bulanan? Kapan terakhir suntik KB nya?

Kehamilan bisa terjadi bila sel telur bertemu dengan sperma saat berhubungan seksual. Kemungkinan terjadinya kehamilan semakin besar bila berhubungan seksual dilakukan di masa subur wanita.

Bila Anda tidak melakukan aktivitas seksual samasekali, termasuk petting, dan yakin tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina, maka tentu tidak akan hamil. Hasil tes pack yang positif bisa saja akibat pembacaan tes pack yang terlalu lama sehingga urin menguap dan menimbulkan kesan positif palsu.

Anda bisa melakukan pengecekan ulang tes pack menggunakan urin yang pertama kali keluar di pagi hari untuk memastikan hasilnya. Atau lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembuahan yang terjadi saat ovulasi atau masa subur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil

Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan

Merencakan kehamilan adalah proses penting bagi Anda yang ingin segera hamil. Salah satu hal terpenting yaitu dengan mengetahui masa subur dan siklus menstruasi Anda, agar pembuahan yang baik dapat terjadi pada saat ovulasi.