Kenapa darah haid berwarna kehitaman?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Sudah 4 bulan tidak menstruasi, dan bulan ini menstruasi. Dari awal memang siklus haid saya tidak lancar, biasa 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali . Namun saya sempat khawatir karena hampir 5 bulan tidak menstruasi. Mungkin karena kegemukan, dan saya pun mulai diet buah dan sayur dan mengikuti gym selama 1 jam setiap harinya . Dan saat ini Alhamdulillah haid .. namun haidnya ini hanya berupa flek coklat kehitaman, namun banyak tidak seperti akhir dari menstruasi yg hanya flek sedikit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AN.

Pada wanita sehat, siklus haid seharusnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung secara teratur. Haid ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina selama 3-7 hari berturut turut, dimana diawali dengan bercak kecokelatan, diikuti darah merah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak kembali.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid diatur oleh sistem hormon tubuh. Apabila salah satu atau lebih hormon tubuh tidak seimbang atau terganggu, maka siklus haid juga akan mengalami perubahan. Kondisi yang Anda alami, yaitu setiap 2-4 bulan sekali adalah tidak normal. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh:

  • Berat badan yang berlebih (overweight atau obesitas)
  • Sering mengonsumsi makanan tidak bergizi atau junk food
  • Olahraga berlebih atau malah malas bergerak
  • Sering begadang (pola tidur yang tidak baik)
  • Sindrom ovari polikistik
  • Gangguan hormon tiroid
  • Menggunakan alat kontrasepsi hormonal misalnya suntik, pil, atau implan

Untuk saat ini, tindakan Anda berolahraga rutin dan mengonsumsi buah dan sayur sudah benar. Pastikan juga jam tidur Anda cukup, yaitu 7-9 jam per hari. Selain itu, kelola stres dengan baik, misalnya dengan rutin melakukan yoga dan meditasi.

Perihal darah hitam yang Anda alami, warna tersebut berasal dari reaksi oksidasi (pengikatan darah dengan oksigen). Reaksi ini wajar terjadi apabila darah tertahan dalam waktu yang cukup lama di dalam rahim. Namun, apabila setelah ini haid Anda teratur, seharusnya warna darah akan kembali seperti biasanya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui kondisi rahim Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher belakang sakit adalah tanda kolesterol tinggi

Nyeri Leher Bagian Belakang adalah Tanda Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Leher belakang sakit kerap kali dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Meskipun hanya dapat dipastikan melalui tes darah, gejala kolesterol perlu untuk diwaspadai.