Menstruasi berjarak 2 minggu dan disertai nyeri perut, mual dan lemas. Kenapa ya penyebabnya?

FI Info Penanya: FI, Wanita, 19 Tahun
Dok saya ingin bertanya kenapa ya saya jarak menstruasi hanya 2minggu dan kalo mens pasti perut saya sebelah kiri sakittttt sekali badan lemas dan mual gitu buat jalan juga sakit banget. Sakit perutnya itu kaya gak bisa ketahan lagi dok sampe gabisa masuk kerja badan lemes banget dan perut sebelah kiri benerbener sakit. Itu kenapa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FI

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hal yang anda alami sering dialami wanita lain. Kram menstruasi atau dysmenorrhea adalah nyeri berdenyut yang hilang timbul atau kram di perut bagian bawah. Biasanya dirasakan sebelum dan saat haid. Termasuk gejala normal namun ada juga gangguan klinis di organ kandungan seperti endometriosis atau gangguan rahim. Lama kelamaan gejalanya cenderung berkurang dengan bertambahnya umur dan setelah melahirkan.

Faktor resikonya adalah usia dibawah 30 tahun, pubertas awal (<11 tahun), perdarahan berat (menoragia), menstruasi di luar jadwal atau siklus (metroragia), riwayat keluhan yang sama di keluarga dan merokok. Untuk penanganannya bisa menggunakan obat nyeri yang dijual bebas. Bila belum teratasi sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat terapi yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel 5 Kondisi Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.