Menstruasi atau hamil jika keluar cukup banyak di hari kedelapan

KH Info Penanya: KH
Selamat pagi dok,saya mau tanya, kemarin pas telat haid 3 hari saya sudah test pact dan hasil nya negatif krn sangking penasaran ya, jadwal haid saya teratur dok 28 hari. Nah ketika telat 6 hari keluar darah sedikit d pagi hari, setelah siangnya tdk ada lagi, dan mulai keluar lagi tepat d hari kedelapan d pagi hari juga, tp jumlah nya agak banyak. Apa saya menstruasi dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KH,

Terlambat menstruasi adalah salah satu gejala awal kehamilan, dimana bisa disertai tanda kehamilan lain seperti mual dan muntah di pagi hari, perubahan mood yang cepat, rasa tidak nyaman di payudara, lebih sensitif terhadap aroma tertentu dan tanda kehamilan lain.

Meskipun begitu, terlambat haid tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Terlambat haid bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Kondisi hormonal yang tidak seimbang 
  • Gangguan psikologis seperti stres, banyak beban pikiran, gangguan kecemasan
  • Masalah organ reproduksi
  • Penggunaan KB
  • Masalah berat badan yang berubah dengan drastis baik penurunan berat badan atau berat badan berlebih
  • Gangguan kesehatan lain
  • Penyebab lainnya

Jika keluar perdarahan bisa merupakan flek cokelat sebagai gejala premenstrual sindrom ataupun bisa sebagai tanda awal menstruasi. Apabila testpack didapatkan hasil negatif maka bisa diulang dalam 2 minggu jika belum keluar perdarahan yang deras. 

Jika didapatkan hasil yang tetap negatif ataupun samar, maka bisa dipastikan kondisinya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan USG atau pemeriksaan lain yang diperlukan. Upayakan menjaga kebiasaan sehari-hari agar menstruasi bisa tetap lancar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercinta saat haid perlu dilakukan dengan cara yang benar

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bercinta Saat Haid

Bercinta saat haid mungkin masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Meski memiliki berbagai manfaat, ada pula sederet risiko yang patut diwaspadai mengenai berhubungan seks saat haid ini.