05 Oct 2020, 17:11Kandungan

Menstruasi 2 kali dalam sebulan, menggunakan pil KB, mengapa?

AP
Info Penanya: AP, Wanita, 20 Tahun
Dlu pas saya msh menggunakan pil kb saya mensturasi Gk lama kemudian saya lepas kb ternyata setelah saya melepas kb saya menstruasi lg Itu knp ya dok??
4560 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaPil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang sering digunakan oleh masayrakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan pil KB cukup efektif dalam mencegah kehamilan dan membutuhkan waktu yang relatif singkat bila berencana untuk hamil kembali.Setiap wanita mengalami siklus menstruasi setiap bulan, normalnya siklus menstruasi wanita adalah 21 hari - 35 hari. Sedangkan lamanya proses menstruasi secara normal berkisar 3 - 7 hari. Pada kondisi tertentu, wanita bisa mengalami menstruasi 2 kali dalam sebulan dengan jarak waktu yang berdekatan.

Adapun kemungkinan penyebabnya siklus menstruasi 2 kali dalam sebulan adalah:

Terkait dengan keluhan Anda, jika terdapat riwayat menggunakan pil KB maka kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh riwayat penggunaan pil KB sehingga hodmon-hormon tubuh memerlukan adaptasi kembali saat Anda berhenti menggunakan pil KB. Jika keluhan ini berulang, atau disertai nyeri perut bawah, timbul rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual, dan perdarahan yang terjadi lebih dari 1 mingu sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Atasi stres, usahakan memiliki berat badan ideal, konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur mayur dan buah buahan serta berolahraga ringan secara rutin agar siklus menstruasi tetap lancar. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
siklus haidhaidmenstruasipenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil