31 May 2021, 16:40Kandungan

Menstruasi 2 kali disebabkan apa?

W
Info Penanya: W0
Dok, saya sudah menstruasi pada tgl 16, lalu hari ini tanggal 31 tbtb muncul flek coklat dan ada gumpalan spt menstruasi. Itu kenapa ya dok? Apakah mungkin menstruasi 2x?
62 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo W,Menstruasi normal wanita terjadi dalam periode 21-35 hari dengan lama menstruasi 2-7 hari. Sehingga jika Anda memiliki siklus nornal 21 hari, maka bukan tidak mungkin haid dapat terjadi 2x di bulan yang sama yaktu awal dan akhir bulan tetapi masih merupakan haid normal. Sedangkan, siklus yang kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari artinya terjadi gangguan menstruasi. Jika haid Anda terjadi 2x yaitu tanggal 16 dan 31, artinya siklus Anda hanya 15hari dan hal ini tidak wajar.

Gangguan menstruasi

Menstruasi sendiri sebenarnya sangat dipengaruhi oleh hormonal sehingga adanya gangguan pada hormon yang tidak seimbang akan berakibat pada munculnya gangguan haid. Penyebab dari gangguan haid dapat beragam, mulai dari adanya penggunaan KB sehingga menyebabkan efek samping perdarahan, hingga adanya stres sehingga hormon cenderung melonjak dan menyebabkan perdarahan diluar menstruasi.Jika Anda memiliki riwayat hubungan seksual, bukan tidak mungkin flek perdarahan adalah tanda kehamilan.  Namun jika tidak ada riwayat hubungan maka tidak perlu melakukan tes pack karena pasti tidak hamil. Untuk mengatsi gangguan haid, selama perdarahan dapat berhenti sendiri maka Anda cukup menjaga berat badan seimbang, hindari stres serta lakukan olahraga teratur agar hormon stabil. Namun jika perdarahan tidak kunjung berhenti selama lebih dari 7hari, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil