12 Nov 2020, 18:51Kandungan

Telat haid, apakah tanda pasti dari hamil?

A
Info Penanya: A, Wanita, 21 Tahun
Haii dok . Mau tanya ni saya sudah telat 8 hari haid tapi saya berhubungan dan pembuahan 5 hari pas telat haid , dan tanda" muncul seperti payudara nyeri,pinggang sakit,keputihan berwarna kuning apa kah itu pertanda pembuahan berhasil atau tanda akan haid.
416 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid pada wanita salah satunya bisa dsiebabkan karena adanya kehamilan. Terlebih bia ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Namun, terlambat haid bisa juga terjadi karena pengaruh faktor-faktor lain seperti kondisi psikologis (stres, kecemasan), kelelahan, berat badan tidak dieal, adanya perubahan berat badan yang mendadak (berat badan turun drastis), ketidak seimbangan hormon dalam tubuh, ataupun karena masalah kesehatan pada organ reproduksi. Oleh karena itu, ada atau tidaknya kehamilan perlu dipastikan dengan beberapa tanda pasti dari kehamilan.

Adapun tanda pasti dari kehamilan adalah:

  • Hasil tes kehamilan posiif
  • Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter
  • Hasil pemeriksaan menggunakan alat scanning atau disebut dengan USG kehamilan
Keluhan mual, muntah, pusing, lemas memang kerap dirasakan oleh ibu hamil. Namun, keluhan-keluhan tersebut bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. Sehingga, terkait dengan pertanyaan Anda, untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, lakukanlah tes kehamilan. Jika hasilnya positif ataupun negatif tetapi siklus haid masih belum lancar sebaiknya memeriksaan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan. Terkait dengan keputihan yang berwarna kuning, bisa merupakan hal yang wajar ketika menjelang haid. Namun, bila keputihan tersebut disertai dengan nyeri perut bawah, rasa gatal pada vagina dan beberapa keluhan lain, hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi pada vagina. Usahakan agar Anda tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres dan kelelahan istirahat cukup dan jaga kebersihan area kewanitaan. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidkehamilanhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil