Menstruasi hanya 1 hari dan sakit perut

MY Info Penanya: MY
Dok.. saya kemaren mens itu cuma berlansung 1 hari. Darah yang keluar sedikit . Setelah itu tidak keluar lgi.. malah sakit perut dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HT,

Perdarahan menstruasi adalah keluarnya darah dari kemaluan atau dari saluran reproduksi yang durasinya 3-7 hari. Perdarahannya bisa deras hari-hari pertama menstruasi dan bisa disertai beberapa gejala seperti kram perut, perubahan suasana perasaan, lebih lelah dan juga bisa nyeri di area payudara.

Apabila perdarahan singkat dan dirasa hanya flek tanpa perdarhaan yang deras di awal menstruasi, bisa merupakan menstruasi yang tidak lancar. Menstruasi yang tidak lancar bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti masalah hormonal, gangguan di organ reproduksi, gaya hidup yang kurang baik, berat badan yang menurun drasitis atau kegemukan dan faktor lainnya.

Cara mengatasi haid yang tidak lancar

Jika mengalami menstruasi tidak lancar dapat dilakukan beberapa hal seperti:

  • Redakan nyeri perut dengan mandi air hangat, kompres perut dengan air hangat
  • Minum air putih lebih banyak
  • Minum pereda nyeri seperti parasetamol
  • Kelola stres atau beban pikiran dan masalah psikologis lain seperti rasa cemas
  • Perbaiki pola istirahat dan tidur 7-8 jam sehari
  • Upayakan berat badan tetap ideal dan hindari perubahan berat badan yang mendadak dan cepat
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Lakukan olahraga rutin
  • Mengubah kebiasaan kurang baik seperti bergadang, terlambat makan, ataupun banyak diam menjadi rutinitas yang lebih sehat

Konsumsi juga bahan alami untuk melancarkan haid seperti nanas, kayu manis, jahe, cuka apel ataupun kunyit. Jika sudah memperbaiki gaya hidup tetapi masih mengalami terlambat menstruasi dan menstruasi yang tidak lancar, maka sebaiknya diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.