16 Sep 2020, 00:21Penyakit Lainnya

Menstruasi usia dini apa normal?

RJ
Info Penanya: RJ, Wanita, 34 Tahun
selamat malam dok... saya mau tanya saya punya anak perempuan usianya baru 9 th dan dia sudah mens dok... setelah seminggu selesai mens dia keluar flek kecoklat2an apakah itu normal dok?sedangkan anak saya itu pertama kalinya mens. Tetimankasih sebelumnya...
718 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RJ,Menstruasi adalah perdarahan yang umumnya dialami oleh semua wanita saat mulai usia pubertas yakni mulai usia 10-16 tahun. Namun pada beberapa anak wajar saja bila mengalami menstruasi lebih awal, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Beberapa faktor yang menyebabkan menstruasi dini adalah:

  • Berat badan berlebihan, terlebih untuk anak-anak yang sering mengonsumsi makanan siap saji.
  • Kurangnya aktivitas olahraga.
  • Faktor keturunan.
  • Adanya gangguan di otak atau sumsum tulang belakang yang bertugas mengatur keseimbangan hormon dan pelepasan hormon gonadotropin (GnRH).
Perihal setelah menstruasi kemudian muncul bercak-bercak flek darah lagi maka bisa disebabkan oleh sisa darah haid, atau faktor kelelahan dan stres saja. Anda tidak perlu terlalu mencemaskannya, terlebih anak Anda baru saja mengalami menstruasi yang pertama kali.

Yang perlu anak Anda lakukan adalah menjaga pola hidup sehat dengan cara:

  • Usahakan berat badan ideal. Bila anak Anda mengalami kegemukan, tetap banyak konsumsi protein namun dengan cara masak direbus atau dikukus, dan banyak makan sayur serta buah biar tidak lapar. Karena pembatasan protein yang berlebihan akan mengganggu tumbuh kembang anak.
  • Rutin berolahraga.
  • Jangan bergadang.
Bila bercak darah muncul lebih dari 7 hari maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa di USG.Salam sehat,dr. Vina
haidmenstruasipubertas dini
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil