28 Jan 2021, 20:00Kandungan

Apakah menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim, bisa hamil ?

AS
Info Penanya: AS0
Selamat malam dok ingin bertanya dok soal hubungan intim pada saat hubungan intim memakai alat kontrasepsi, kemudian bulan berikut nya pasangan saya men teratur dan bulan ke2 setelah berhubungan intim kok belum mens mens ya dok, apakah akan hamil seperti itu dok?
308 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Alat kontasepsi merupakan cara yang dipilih pasangan dalam menunda terjadinya sebuah kehamilan. Alat kontrasepsi memang merupakan cara yang efektif jika dilakukan dengan benar, baik waktu penggunaannya, jadwal penyuntikan, cara pemakaian kondom, serta tidak terlupa atau tidak terlewat jadwal penggunaan alat kontrasepsi ulang.

Apakah menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim, bisa hamil ?

Semua alat kontrasepsi baik hormonal maupun non hormonal seperti AKDR atau IUD, kondom yang digunakan pria maupun wanita, memang efektif dalam mencegah terjadinya kehamilan, dengan menghalangi terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Namun penggunaan alat kontrasepsi tidak menjamin seutuhnya wanita dalam mencegah kehamilan. Jika setelah istri Anda haid, Anda melakukan hubungan seksual lagi, maka kemungkinan kehamilan dapat terjadi. Namun jika setelah istri Anda haid, Anda tidak melakukan hubungan seksual, maka telat haid yang istri Anda alami bisa karena sebab lainnya.

Apa yang menyebabkan wanita telat haid ?

Penyebab wanita telat haid tidak selalu karena kehamilan bisa dikarenakan hormon esterogen dan progesteron di tubuh dalam keadaan tidak stabil, terganggu oleh penyakit PCOS, hipotiroid, kekurangan gizi, obesitas, atau wanita dalam keadaan lelah, dan stress.Untuk memastikan penyebab istri Anda tidak haid bisa melakukan test pack atau pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan demi hasil yang lebih akurat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan organ intimmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil