Terlambat haid dan ada bercak darah sehari, kenapa?

RP Info Penanya: RP
Hai dok, saya sdh telat selama 9hari dan hari ke-10 saya mengalami mens to hanya sedikit dan dalam jangka waktu sehari saja bsk nya tdk mengeluarkan darah lg . Itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RP.

Terlambat haid adalah kondisi ketika haid tidak datang sesuai siklus normalnya. Penyebab terlambat haid bervariasi, misalnya kehamilan, penggunaan kontrasepsi hormonal, PCOS, gangguan tiroid, pola hidup yang tidak sehat, sering begadang, stres berlebihan, maupun berat badan yang tidak ideal. 

Terkait kondisi yang Anda alami, ketika Anda terlambat haid dan mengalami bercak darah pada hari kesepuluh, bisa saja darah tersebut merupakan darah implantasi, yaitu tanda perlekatan embrio di dinding rahim pada saat kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan testpack atau berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG.

Apabila testpack negatif, perlu diketahui bahwa bercak darah juga bisa merupakan pertanda akan haid, atau gangguan lain di rahim seperti kista ovarium atau mioma uteri. Tetapi jika positif, jangan lupa selalu lakukan pola hidup sehat agar ibu dan janin senantiasa dalam kondisi optimal. Konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan hindari stres, ya.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.