11 Aug 2021, 07:04Kandungan

Istri mengalami perdarahan setiap habis berhubungan badan

FA
Info Penanya: FA0
Semangat sehat...semangat pagi dok. Ijin bertanya, "saya dan istri setiap habis melakukan hubungan, keesokan paginya istri seperti mens.darahnya beda dengan darah mens.keluarnya juga banyak.dan ada gumpalan2nya, dan kerasa nyeri di bagian perut". Itu kenapa ya dok?apakah ada kelainan? istri saya usia kisaran 31 thn. Sudah memiliki 3 putra.
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang FAP,Tidak semua perdarahan yang keluar dari vagina adalah menstruasi. Perlu diketahui bahwa menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim karena tidak terjadi kehamilan, dan menstruasi adalah sesuatu yang normal dialami wanita setiap bulannya. Tapi, ada juga perdarahan abnormal yang terjadi di luar masa menstruasi.Jika perdarahan terjadi setiap habis melakukan hubungan intim, maka ada kemungkinan istri Anda mengalami penyakit pada leher rahim atau bagian organ reproduksi lainnya. Berikut beberapa penyakit yang mungkin menjadi penyebabnya:
  • radang endometrium
  • mioma uteri
  • radang serviks 
  • polip serviks
  • kanker serviks
Jika memang istri mengalami perdarahan, ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan seks sementara waktu ya. Coba bawa istri ke dokter spesialis kandungan terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan seperti inspekulo atau pap smear. Nantinya dokter akan mengevaluasi hasil pemeriksaan, kemudian menyarankan terapi yang tepat, baik berupa obat ataupun tindakan operasi.Upayakan juga untuk banyak minum air putih saat terjadi perdarahan, guna mengganti darah yang terbuang ya. Semoga lekas sembuh untuk istri Anda ya. Salam sehat,
dr Sylvia
servisitispenyakit rahimkanker serviks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil