13 Dec 2020, 18:47Kandungan

Apakah ejakulasi di luar dapat menyebabkan kehamilan?

L
Info Penanya: L, Pria, 22 Tahun
Dok. saya kan habis berhubungan sm istri saya pagi hari. dia mens udah hari ke4. saya ejakulasi diluar. tapi mungkin ada yg kebablasan didalan entah itu cairan pra-ejakulasi atau apa. trs agak siangan sampe sore, dia keluar darah mens byk dok. apakah cairan yg kebablasan didalam tadi bisa menimbulkan kehamilan dok? makasih dok
516 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat Pagi, LD.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan dapat terjadi jika sperma yang berhasil masuk dapat membuahi sel telur yang sudah matang di dalam tuba falopi. Saat sperma ini masuk ke saluran sperma juga memiliki banyak rintangan, misalnya perlombaan dengan berjuta-juta sperma lainnya, keadaan dari organ reproduksi wanita yang terlalu kental, faktor keasaman vagina, ataupun belum adanya telur matang yang sudah siap untuk dibuahi.

Apakah ejakulasi di luar dapat menyebabkan kehamilan?

Melakukan hubungan seksual saat haid dapat mencegah terjadinya kehamilan, namun ini tidak menghilangkan kemungkinan kehamilan tersebut dapat terjadi. Karena sperma dapat berenang dan bertahan di dalam organ reproduksi wanita selama 5 hari dan jika bertemu dengan ovum yang telah siap, maka dapat terjadi pembuahan. Begitu pula dengan ejakulasi yang dilakukan di luar sperma, jika saat sebelum ejakulasi dilakukan ada cairan pra ejakulasi yang keluar yang mengandung sperma sehat, maka kemungkinan kehamilan dapat terjadi.

Efek samping berhubungan seksual saat menstruasi

Efek samping berhubungan seksual saat menstruasi antara lain :
  • Infeksi saluran kemih
  • Penyakit menular seksual
  • Perasaan tidak nyaman
  • Gairan seksual menjadi menurun
  • Tidak tercapainya klimaks bagi wanita maupun pria
Jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan, maka lakukan hubungan seksual yang aman, di waktu yang benar, tidak sedang menstruasi atau masa nifas, dan gunakan pengaman serta kondom. Jaga kebersihan organ ointim dan terapkan pola hidup sehat.Jika pasangan Anda mengalami keterlambatan datang bulan dan diikuti gejala kehamilan yang khas seperti perubahan pada payudara, keram perut, morning sickness, rasa ingin terus berkemih walau urin hanya sedikit yang keluar, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter atau periksa urin menggunakan test pack.
menjaga kehamilanmenstruasikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil