Periode berlangsungnya haid lebih lama, apakah normal?

EP Info Penanya: EP, Wanita, 26 Tahun
Halo dok, saya sudah melahirkan secara sc awal desember kemarinSaya tdk menyusui sama sekali karna bayi saya langsung dipanggil TuhanBulan 1 saya udah langsung mens selama 4-5 hariBulan 2 saya mens di tanggal 29 sampai sekarang tanggal 5 masih banyak darah yg keluarKira2 itu normal gak ya dok?Sebelum menikah saya biasanya mens hanya 4 hariTerimaksih sebelumnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan suatu perdarahan yang keluar dari vagina yang pasti akan dialami oleh setiap wanita tiap bulannya jika wanita tersebut sudah melewati masa pubertas. Menstruasi berlangsung selama 3-8 hari. Pedarahan paling banyak di hari pertama dan kedua, lalu di hari-hari berikutnya akan mengalami perdarahan yang lebih ringan. Normalnya perdarahan yang keluar sebanyak 30-70 ml saat menstruasi. 

Keadaan yang Anda alami ini masih merupakan hal yang wajar karena menstruasi berlangsung selama 6 hari. Jika perdarahan sudah lebih dari 8 hari, yang dikhawatirkan merupakan kondisi medis seperti menorrhagia. Menorrhagia adalah kondisi perdarahan menstruasi yang berlebihan dan periode mens menjadi panjang. Selain itu, bisa juga disebabkan karena ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh, pemakaian KB, dll.

Untuk memastikannya kembali, sebaiknya Anda melakukan pemeriksan langsung ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (lab darah dan USG) kepada Anda. Jika dari hasil pemeriksaan menunjukkan ke arah suatu penyakit, maka dokter akan memberikan terapi yang tepat buat Anda. Untuk saat ini, Anda tidak perlu khawatir dulu. Perbanyak istirahat, makan makanan yang bergizi, banyak konsumsi air putih, hindari stres, dan lakukan olahraga ringan sehingga Anda tidak mengalami lemas akibat menstruasi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.