19 Sep 2020, 12:10Kandungan

Menstruasi tidak teratur dan keputihan. Apa penyebabnya?

OE
Info Penanya: OE0
Dokter saya uda lama ga mens, nah kemaren saya mens 4hari, setelah 2minggu saya mens lg 2hari selesai itu vagina saya gatal terus sampai 2hari ternyata ada keputihan menggumpal seperti kapas basah, lalu saya keluar mens lg wrna nya merah gelap, saya KB suntik yg 3bulan. Mohon penjelesannya ya dokter. Trmksh.
2511 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, OTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus menstruasi normal pada wanita adalah 21 hari - 35 hari. Dengan lamanya proses menstruasi normal terjadi selama 3 - 7 hari. Siklus menstruasi diketahui dengan cara dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini hingga hari pertama menstruasi pada periode berikutnya. Menstruasi dengan jarak yang terlalu dekat dan tidak teratur bisa pengaruhi oleh beberapa kondisi.

Adapun kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi 2x dalam waktu yang berdekatan adalah:

  • Mioma
  • Polip rahim
  • Adenomiosis
  • Efek samping dari penggunaan alat konrasepsi (KB)
  • Kondisi emosional yang tidak stabil, seperti saat sedang stres
  • Gangguan hormonal
  • Terjadi perubahan berat badan mendadak
  • Atau karena adanya masalah kesehatan pada organ reproduksi wanita
Terkait dengan keputihan, bila keputihan berwarna putih pekat / kekuningan / kehijauan, disertai rasa gatal dan atau nyeri pada area perut bawah merupakan kondisi keputihan yang tidak normal.

Penyebab keputihan yang tidak normal adalah:

Terkait dengan keluhan Anda, siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan salah satunya oleh efek samping penggunaan suntik KB. Namun, untuk memastikan penyebab lain siklus haid Anda yang tidak teratur dan keputihan yang terjadi pada diri Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.Usahakan tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari stres, jaga berat badan ideal dan konsumsilah makanan sehat bergizi.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
siklus haidhaidpenggunaan kbpenyakit menular seksualtrikomoniasiskandidiasis vaginakeputihanvaginosis bakteripenyakit radang panggul
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil