Mensturasi pasca kuret lebih dari 2 minggu apakah normal?

HA Info Penanya: HA, Wanita, 50 Tahun
kuret 22 Jan 2020 kr penebalan rahim, mens pertama pasca kuret 14 Maret - 4 April 2020 volume byk & blm stop apa normal ? lexatrans 500 apa direkomendasikan utk stop pendarahan ? Ibu RT usia 40 th KB kondom, 2 putri lair normal mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HA,

Perdarahan mensturasi berlebih adalah hal yang tidak normal, ditandai dengan perdarahan lebih dari 7 hari ataupun perdarahan yang jumlahnya berlebihan. Kondisi ini disebut dengan menorrhagia.

Penyebab menorrhagia sendiri bisa beragam diantaranya:

  • Gangguan hormonal
  • Adanya polip di rahim
  • Adanya jaringan tumor jinak
  • Adanya adenomyosis ketika kelenjar dari endometrium yang menempel pada otot uterus
  • Efek samping obat
  • Penggunaan kontrasepsi

Untuk itu jika pasca kuret akibat endometriosis terjadi perdarahan berlebih perlu kembali memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Obat yang disebutkan yang mengandung asam traneksamat memang bisa digunakan untuk perdarahan tetapi merupakan obat keras jadi perlu melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar tidak memicu efek samping yang tidak diinginkan.

Nantinya juga bisa diberikan obat hormonal untuk menghentikan perdarahan jika penyebabnya adalah ketidak seimbangan hormonal. Upayakan mengganti pembalut setiap 3 jam tidak menunggu penuh agar tidak memicu pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.