Menstruasi 2 kali dalam 1 bulan

AA Info Penanya: AA, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya. Tggl 29 kemarin saya baru selesai mens setelahnya saya berhunungan intim dengan pasangan saya. Tapi d keularin d luar. Lalu 2 minggu kemudian saya mens. Padahal jadwal mens saya tggl 25. Itu penyebabny apa ya dok? Apakah bsa hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Menstruasi normalnya adalah terjadi setiap 21-35 hari sekali, jadi bisa saja terjadi 2 kali menstruasi dalam satu bulan jika siklus menstruasinya 21 hari yaitu misalnya di awal bulan dan di akhir bulan. Tetapi jika terjadi menstruasi kembali lebih cepat dari 21 hari merupakan hal tidak normal. 

Penyebabnya bisa beragam seperti:

  • Tanda kehamilan
  • Masalah gangguan menstruasi
  • Masalah ketidak seimbangan hormonal
  • Adanya gangguan di saluran reproduksi
  • Terjadi perubahan siklus karena menggunakan KB
  • Masalah kesehatan lain

Apabila sebelumnya melakukan hubungan seksual dan 2 minggu lalu terjadi menstruasi tapi tidak deras atau hanya flek saja. Bisa coba diperhatikan ada tidak perubahan lain pada tubuh. Bisa juga dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack jika melakukan hubungan tanpa pengaman seperti kondom.

Perdarahan sendiri bisa juga merupakan akibat berhubungan seksual seperti adanya gesekan selama berhubungan seksual, adanya iritasi dan infeksi di kewanitaan, ataupun masalah lain. Jika tidak menggunakan pengaman saat berhubungan seksual, kemungkinan hamil bisa terjadi walaupun kecil, karena bisa ada cairan preejakulasi yang keluar dari kelamin pria yang bisa terdapat sel sperma sehingga membuahi sel telur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Organ reproduksi wanita terbagi menjadi 11 bagian yang masing-masingnya memiliki fungsi

Mengenal 11 Bagian Alat Reproduksi Wanita Beserta Fungsinya

Bukan cuma vagina, alat reproduksi wanita terbagi menjadi banyak bagian, dengan fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Kenali lebih lengkap agar Anda bisa menjaga kesehatannya dengan lebih optimal.