Usia 46 tahun sudah menopause apakah bisa hamil?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 1 Tahun
Sy ibu Rmh tangga yg br menikah kembali ..usia sy 46 th, sy sdh tdk haid lagi selama 3 th..sy ingin hamil lagi apakah sy mah bs hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pgi SH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menjelang usia lanjut, organ reproduksi tidak berfungsi secara maksimal seperti kita saat muda, beberapa fungsi akan mengalami penurunan seperti sel telur, hormon esterogen dan progesteron, luteinizing hormone (LH), follicle stimulating hormone (FSH) dan lain lain. Hormon-hormon tersebut dapat membantu saat wanita memasuki ovulasi.

Usia 40 tahun ke atas sudah memasuki usia kehamilan yang berisiko tinggi. Sehingga beberapa dokter, tidak menyarankan Anda untuk hamil jika sudah memasuki masa menopause. Karena kualitas sel telur yang sudah mengalami penurunan dan terkadang sudah tidak ada lagi, dan berkurangnya hormon-hormon di atas.

Beberapa kemungkinan risiko terjadinya kehamilan pada usia tua :

  • Kelahiran prematur sehingga berat badan bayi lahir rendah
  • Kelainan kromosom pada bayi
  • Kompilkasi persalinan seperti perdarahan
  • Penyakit saat kehamilan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes saat kehamilan

Jika Anda dan pasangan masih ada keinginan untuk hamil lagi, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan, karena banyak hal yang harus dipersiapkan saat Anda dan pasangan ingin hamil lagi pada usia lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.