Menjaga kelembaban kulit penis setelah infeksi

SU Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Dok, kulit penis saya sedang mengalami masa penguatan jaringan setelah luka karena infeksi. Nah, untuk menjaga kelembabannya apakah cukup hanya menggunakan air saja atau membutuhkan pelembab khusus? Jika iya, pelembab jenis apa yang disarankan dan di mana saya bisa mendapatkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam P,

Luka pada penis adalah keluhan yang bisa terjadi baik pada kepala, batang ataupun kulit sekitar penis. Masa penguatan yang dimaksud mungkin adalah masa pemulihan luka dari adanya infeksi.

Luka pada penis

Beberapa penyebab luka pada penis sendiri diantaranya adalah

  • Infeksi yang bisa terjadi pada penis seperti akibat infeksi kulit, infeksi menular seksual seperti sifilis, herpes genital, kutil kelamin ataupun penyebab lain
  • Infeksi jamur pada kulit sekitar penis
  • Peradangan kepala penis atau disebut balanitis
  • Iritasi atau gesekan penis dengan bahan pakaian

Untuk infeksi sendiri perlu diatasi sesuai dengan penyebabnya. Jika sebelumnya sudah memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Jika pemulihan luka sendiri perlu menjaga luka tetap kering dan bersih dan sebisa mungkin tidak lembap berlebihan jadi jangan sering dibasahi dengan air.

Apabila ada infeksi juga dokter bisa memberikan obat minum ataupun obat oles. Pada obat oles atau salep sendiri juga bisa berbahan dasar pelembap seperti misalnya vaseline album jadi bisa menjaga kelembapan.

Untuk luka sendiir perlu dipastikan apa penyebabnya jika memang belum pernah memeriksan diri, karena lokasinay yang tertutup dan lembap, jika tidak dipastikan atau ditangani dengan baik dapat memperlambat penyembuhan. Dan jika penyebabnya adalah infeksi menular seksual bisa berisiko menular pada pasangan seksual Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi rambut ketiak dapat menambah daya tarik

Fungsi Rambut pada Kulit, Atur Suhu Tubuh Hingga Kurangi Gesekan

Ketika memasuki fase pubertas, mulai tumbuh rambut di beberapa bagian tubuh seperti ketiak dan kemaluan. Untuk perempuan, rambut ini bisa muncul pada usia 10-12 tahun, sementara pada laki-laki pada usia 11-14 tahun. Fungsi rambut pada kulit ini bukan sekadar penanda seseorang sudah masuk pubertas atau belum, namun juga melindungi dari bakteri hingga mengurangi gesekan.