Menjaga bayi dalam kandungan agar tidak cacat

AM Info Penanya: AM, Wanita, 27 Tahun
Dok.saya mau tanya saya sekarang hamil 16 minggu anak ke 3 pada awal kehamilan sempat flek dan kram.. yg ada dibenak saya apa bayi saya tidak apa2.. soalny saya pada awal kehamilan minum jamu pelancar haid karena saya tidak pakai KB.. ketika itu blm tau hamil...Yg da dibenak saya saya takut bayi saya terlahir cacat..sampai sekarang saya blm usg karena takut...vitamin apa yg baik untuk khmilan saya agar mencegah lahir cacat ..trmksh.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu AM,

Terjadinya flek dan kram pada awal kehamilan dapat disebabkan oleh perdarahan implantasi yang normal terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan, gejalanya ialah sedikit flek dan kram. Kondisi ini disebabkan oleh menempelnya sel terlur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Penyebab lain pendarahan pada kehamilan dapat juga perkembangan janin terganggu yang mengarah pada keguguran nah ini biasa disertai gejala yang lebih berat seperti muncul rasa sakit di perut bawah menjalar ke panggul atau punggung, kontraksi yang muncul berulang setiap 5-20 menit.

Pendarahan pada kehamilan lain yang perlu diwaspadai ialah plasenta previa dimana pada kehamilan usia di atas bulan 6 saat bayi sudah membesar dan mengisi rahim bagian bawah apabila ari-ari yang terbentuk menempel pada jalan keluar rahim maka akan tertekan sehingga terjadi rembesan darah (normalnya ari-ari menempel pada puncak atas rahim atau dinding samping)

Untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan sebaiknya kontrol berkala ke dokter spesialis kebidanan minimal sekali pada trimester pertama, setiap bulan pada trimester kedua, dan setiap dua minggu pada trimester ketiga (hamil 7-9 bulan). Dokter akan memeriksa dan memberikan penanganan dini apabila ada gangguan kesehatan ibu yang akan mempengaruhi kesehatan janin, juga akan memberikan arahan apabila ditemukan perkembangan janin yang tidak wajar.

Penyebab kecacatan janin sendiri beragam. Ada faktor yang tidak bisa dihindari seperti genetik akibat perkawinan sepupu atau mutasi dari gen orang tua, kondisi kandungan ibu yang tidak optimal lagi untuk pembentukan janin misal pada kehamilan di umur tua (>40 th), dan lingkungan yang kurang sehat seperti ada radiasi, limbah, dll

Penyebab kecacatan yang bisa dihindari ialah konsumsi obat-obatan dan jamu-jamuan yang tidak tepat tanpa seizin dokter, konsumsi makanan yang tidak matang, mengandung pestisida, boraks, formalin, MSG, apalagi sampai konsumsi rokok, alkohol, dan narkoba. Terakhir ibu harus menghindari orang yang sakit dan ada ruam kemerahan di badannya karena ibu dapat tertular infeksi TORCH yang punya komplikasi kecacatan janin.

Untuk menjaga kehamilan agar sehat dapat dari makanan yang cukup protein, calcium, zat besi, dan asam folat biasanya dari susu, sayuran hijau, dan ikan yang sudah dimasak. Ibu juga perlu istirahat cukup dan olahraga ringan. Terakhir jangan lupa kontrol teratur ke dokter seeprti jadwal di atas.

Berikut informasi lain seputar penyakit TORCH yang dapat sebabkan infeksi ibu dan janin sehingga janin cacat.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.