Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada bayi 19 bulan?

MD Info Penanya: MD
Bagaimana solusi agar bayi yg sdh usia wajib makan itu agar mau makan seperti balita"pada umumnya dok??kebatulan anak saya usianya hampir 19 bln dia susah dan hampir gk mau makan nasi dn gk mau susu formula.tiap hari asupan rutinnya hanya asi saja.makanan dan minuman serta fitamin sdh sy coba,tp belum ada hasilnya.mohon penjelasan dn solusi terbaiknya.mksh seblmnya....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MD, 

Terima kasih untuk pertanyaannya. 

Perlu diperiksa dulu apakah berat badan anak Anda sudah sesuai dengan kurva pertumbuhan WHO. Usia 12 bulan maka berat badan yang dianggap cukup adalah 9.5 - 12 kg.

Anak tidak perlu selalu harus mengonsumsi nasi atau susu formula sebagai makanan sehari-harinya.

Nasi dapat digantikan karbohidrat lain seperti kentang, mie, ubi, singkong, dan jagung. Sedangkan susu formula yang mengandung kalsium dapat digantikan dengan keju, yoghurt, ikan sarden, tahu, brokoli dan banyak lagi.

Anda perlu mencari tau dahulu penyebabnya:

  • Pemulihan setelah sakit
  • Kekurangan zat besi
  • Bosann

Ada beberapa cara menambah nafsu makan anak:

1. Sarapan

Salah satu titik awal dimulainya hari yang penting untuk si kecil adalah saat sarapan. Sebisa mungkin, berikan menu sarapan yang bergizi sehingga fungsi metabolisme anak berjalan dengan optimal. Hal ini bisa berpengaruh terhadap nafsu makannya sepanjang hari.

2. Ubah frekuensi makan

Jangan terpaku pada frekuensi dan pola makan yang itu-itu saja. Dalam sehari, anak menggunakan energi mereka untuk aktivitas fisik dan motorik kasar. Untuk itu, jadilah orangtua yang fleksibel termasuk untuk urusan frekuensi dan pola makan.

Apabila anak tidak mau makan besar 3 kali sehari seperti sebelumnya, mungkin saatnya mencoba memberi makan porsi kecil dengan durasi lebih sering.

3. Buat sesi makan jadi menarik

Sebisa mungkin, buat sesi makan menjadi menarik sebagai salah satu cara menambah nafsu makan anak. Contohnya, ajak anak bercerita tentang hal favoritnya atau ajak mainan kesayangannya untuk ikut serta di meja makan.

Selain itu, Anda juga bisa berkreasi menyiapkan makanan dengan bentuk yang menarik agar anak tidak merasa bosan. Jangan kehabisan ide dan Anda bisa mencari inspirasi dari mana saja untuk urusan ini.

 

4. Snack bergizi

Mungkin anak sedang merasa bosan dengan siklus makan besar dengan sepiring nasi serta lauk dan juga sayur. Alternatifnya, siapkan snack yang terlihat ringan namun tetap bergizi. Anak Anda bisa mendapatkan nutrisi yang sama baiknya meski tanpa makan berat.

5. Batasi konsumsi susu

Salah satu cara menambah nafsu makan anak adalah dengan membatasi konsumsi susu seperti UHT. Bila perlu, batasi hanya mengonsumsi 2-3 gelas per harinya. Tujuannya agar anak tidak merasa kenyang terlebih dahulu meski belum makan.

6. Aktivitas fisik

Libatkan anak dalam aktivitas fisik untuk membuat mereka lebih lahap saat waktu makan tiba. Menghabiskan energi dapat menjadi stimulus bagi sistem pencernaan, termasuk rasa lapar. Bonusnya, anak dapat melatih motorik kasar mereka dan bisa tidur lebih lelap di malam hari.

Semoga jawaban saya dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi anak picky eater yang paling umum adalah makanan yang kurang lezat dan anak yang belum lapar

Cara Mengatasi Anak Picky Eater yang Ampuh

Cara mengatasi anak picky eater dapat dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor berikut, seperti makanan yang kurang lezat, anak yang belum lapar, mengajarkan anak mandiri, dan mengetahu ada atau tidaknya masalah medis.