Menikah 3 tahun belum punya keturunan, riwayat keguguran.

ND Info Penanya: ND, Wanita, 22 Tahun
saya sudah menikah sekitar sudah 3 tahun lebih, saya belum punya keturunan padahal saya sudah berobat kemana" tapi tetap belum bisa, di pemeriksaan pun baik" saja tapi dulu sy pernah keguguran tapi tidak di kuret apa itu berpengruh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ND

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan pada Anda dan juga pada suami? Karena kesuburan bukan tergantung oleh pihak wanita saja. Apakah sudah berobat kemana-mana dalam hal ini secara medis? Karena ada tiga tahap yang bisa dilakukan secara medis, dengan menggunakan obat-obatan bila masalahnya di fase ovulasi, dengan menggunakan tindakan bedah bila masalahnya di gangguan anatomis dari saluran tuba fallopi atau adanya jaringan di rahim seperti endometriosis. Kemudian dengan pembuahan dibantu secara inseminasi di dalam rahim atau bayi tabung (in vitro fertilisation/IVF). Konsepsi/pembuahan yang dibantu memang belum tentu berhasil dan bisa mengakibatkan komplikasi seperti bayi kembar (tergantung jumlah telur yang ditaruh) serta kehamilan ektopik (diluar rahim).

Faktor ketidaksuburan pada wanita akibat kurangnya ovulasi (pematangan sel telur) secara teratur, sumbatan/kerusakan di saluran tuba fallopi dan endometriosis. Sedangkan pada pria adalah kurangnya kualitas/jumlah sperma yang baik. Selain itu faktor yang berpengaruh pada pria dan wanita adalah usia, berat badan, infeksi menular seksual, merokok, minuman keras, stres dan faktor lingkungan (pestisida atau bahan kimia lainnya).

Diskusikan dengan Dokter Spesialis Kandungan dengan keahlian tambahan di bidang Fertilisasi. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara meningkatkan kesuburan dan proses bayi tabung untuk informasi tambahan.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kualitas sperma akan menentukan seberapa kuat dalam berenang mencapai sel telur ketika pembuahan

Apakah Sperma Encer Bisa Normal dengan Sendirinya?

Air mani yang encer bisa menjadi pertanda ketidaksuburan pria. Sperma encer bisa terjadi karena masalah medis, hormon, atau ejakulasi terlalu sering.