Mengurangi ukuran lensa kacamata

SI Info Penanya: SI, Pria, 24 Tahun
Pagi dok. Mau tanya. Ukuran lensa saya -5,75 dan cyl 2,5. Jika penggunaan lama, kepala terasa sedikit pusing. Jika ukuran cyl dikurangi menjadi 2, efek apa yang akan terjadi? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SI,

Mata silinder atau astigmatisme merupakan salah satu gangguan penglihatan dimana terjadi perubahan kelengkungan kornea mata. Kondisi ini biasanya disertai juga dengan mata minus atau rabun jauh. 

Gejala mata silinder atau astigmatisme

Gejala dari mata silinder sendiri diantaranya adalah:

  • Pandangan kabur
  • Sakit kepala
  • Sulit melihat di malam hari
  • Mata sering terasa lelah

Untuk mengoreksi mata silinder atau astigmatisme diperlukan penggunaan kacamata atau lensa kontak dengan ukuran yang tepat. Pada mata silinder yang dinilai bukan hanya ukuran lensa saja tetapi juga kelengkungannya atau disebut axis. Axis sendiri dinilai dengan derajat mulai dari 0 derajat hingga 360 derajat.

Jadi apabila merasa pusing dengan ukuran lensa sebelumnya, ada baiknya kembali memeriksaan tajam penglihatan untuk memastikan ukuran lensa dan axis yang tepat.

Jika ukuran lensa dikurangi, bisa tidak mengoreksi dengan tepat sehingga tajam penglihatan tidak maksimal. Periksaan diri juga pada dokter spesialis mata salah satunya jika berencana untuk menghilangkan mata minus dan silinder melalui operasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macular degeneration dapat menyebabkan pengelihatan rabun

Kenali Gejala Dini dari Penyakit Mata Macular Degeneration

Penyakit mata macular degeneration atau degenerasi makular membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas. Gejalanya sering tidak terlihat. Namun ada gejala awal yang bisa Anda perhatikan. Apakah itu?