Mengonsumsi kopi membuat jantung berdebar ?

A Info Penanya: A, Wanita, 39 Tahun
Dok, saya mau tanya kenapa kalau minum kopi serasa jantung berdebar2 ya? Ini terjadi meskipun cuma minum 1 cangkir kopi saja. Terimakasih ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu A,

 

Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulasi alami bagi tubuh. Saat kita mengonsumsi kopi, maka sistem saraf pusat kita dirangsang. Hal ini akan menyebabkan gejala seperti : peningkatan kewaspadaan, jantung berdebar-debar, serta pusing. Namun tidak semua orang akan mengalami hal ini. Kondisi ini bisa bergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak kita biasa mengonsumsi kafein. Jika tidak terbiasa meminum kopi, maka seseorang cenderung mengalami jantung yang berdebar-debar. Atau mungkin ada orang yang lebih sensitif terhadap kafein yang memicu reaksi jantung berdebar setelah minum kopi.

Jika jantung Ibu berdebar saat mengonsumsi kopi, maka sebaiknya hentikan atau mengonsumsi kopi yang memiliki kadar kafein yang rendah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah perbanyak minum air putih, karena air putih akan membuat kafein cepat terbuang dari tubuh.

Segera hubungi dokter, bila peningkatan denyut jantung berlangsung dalam waktu lama atau terjadi berulang kali. Hal ini dapat merupakan gejala adanya gangguan jantung.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
28 Mar 2019, 03:20
ok deh dok. thank u infonya

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung berdebar kencang dapat muncul saat panik, cemas, atau stres.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang agar Anda Kembali Tenang

Jantung berdebar kencang dapat terjadi karena panik, cemas, stres, anemia, tekanan darah rendah, atau menggunakan obat. Lakukanlah relaksasi seperti yoga atau meditasi, dan hindari penggunaan obat-obatan dan minuman yang mengandung kafein agar jantung dapat kembali normal.