Mengoleskan minyak tawon saat payudara gatal, amankah?

SL Info Penanya: SL
Dok, beberapa hari ini saya kerap merasa gatal di area payudara. Saya ibu menyusui bayi 3 bulan. Apa boleh dioleskan minyak tawon dok? Mohon infonya yaa dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Minyak tawon merupakan suatu brand atau merek dari minyak herbal yang berasal dari ekstrak minyak tanaman serai, ekstrak minyak tanaman kayu putih, kunyit serta bawang merah. Minyak ini mempunyai aroma yang sangat khas seperti jamu. Beberapa kegunaan minyak tawon adalah sering digunakan untuk pijat, meredakan nyeri otot dan sendi, membantu menghangatkan tubuh saat kedinginan, melegakan saluran napas, mencegah gigitan serangga terutama nyamuk dan mengurangi rasa gatal.

Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab gatal yang terjadi pada payudara Anda. Adapun beberpaa penyebab gatal yangs ering muncul pada area payudara adalah karena infeksi jamur, karena alergi, akrena infeksi bakteri, karena gigitan serangga, atau karena kondisi medis kulit yang lainnya. Bilamana saat ini Anda sedang menyusui, maka sebaiknya tidak disarankan untuk mengoleskan minyak tawon pada area payudara, selain dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi juga dikhawatirkan terjilat oleh bayi saat sedang menyusui.

Adapun beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal adalah:

  • Menjaga kebershan area payudara gantilah apakaian dalam setidaknya 2 x dalam sehari
  • Biasakan mengelap payudara baik sesudah maupun sebelum menyusui
  • Lakukan kompres hangat pada area payudara dengan handuk atau kain lembut
  • Gunakan sabun mandi yang berbahan lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Untuk mengurangi rasa gatal, bisa digunakan bedak salisil (dengan catatan, sebelum menyusui payudara harus dipersihkan, dan perah atau keluarkan dulu ASI sebelum menyusui)
  • Hindarilah mengonsumsi obat tanpa memeriksakan diri ke dokter

Bila keluhan dirasa tidak membaik, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebabnya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.