02 Mar 2021, 18:16Penyakit Lainnya

Mengapa pasien menggigil saat cuci darah ?

RN
Info Penanya: RN, Wanita, 22 Tahun
Ibu sy psien CKD std 5. Tiap cuci sering menggigil. Pdhl sudh suntik gula, sy khawatir kena bakteri patogen. Bgmna carny minta baik2 untuk cek drah?sy takut menyinggung doktr krna dulu pernah kejadian. Ibu sy susah diminta cuci rutin 2kali, jdi kami cuci 1 kali. Sya lihat drahny kok smkin lama smkin gelap ya dok?ap penyebabny?berbahaya tdk? Apa dr psikolog dpt membantu membujuk pasien agar mau rutin cuci drah?sy kdng takut malah bikin ibuk sy makin minder dn pesimis
971 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Memiliki ibu yang menderita sakit gagal ginjal membuat anak menjadi sedih terutama jika ibu tidak mau menjalani cuci darah sesuai jadwal seharusnya. Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh untuk membantu proses pembuangan racun-racun, menyaring darah,  membantu mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh, mengatur tekanan darah, membentuk sel darah merah, mengatur keseimbangan asam dan basah, menjaga konsentrasi elektrolit dan menghasilkan vitamin D.

Mengapa pasien menggigil saat cuci darah ?

Cuci darah atau yang disebut dengan hemodialisa adalah suatu proses memindahkan darah di tubuh ke dalam alat yang difungsikan sebagai pengganti ginjal. Cuci darah dilakukan 2 kali atau lebih dalam 1 minggu tergantung dari berat dan keparahan ginjal yang dialami. Pasien dapat menggigil saat proses cuci darah berlangsung diakibatkan oleh infeksi patogen di pembuluh darah buatan yang menghubungkan tubuh dengan alat hemodialisa.Selain itu menggigil dapat disebabkan oleh reaksi pirogenik akibat air yang ada pada alat dimana air seharusnya dicampur dengan klorin untuk membersihkan dari semua bakteri yang mungkin mengkontaminasi. Menggigil dapat disebabkan oleh paparan udara ke tubuh saat proses hemodialisa berlangsung.Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah sebelum dilakukan cuci darah. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan darah ulang setelah proses hemodialisa selesai. Anda bisa meminta atau menanyakan secara langsung kepada dokter.Darah yang hitam pada Ibu Anda dapat disebabkan oleh penumpukkan racun yang ada, darah berusia tua yang seharusnya dihancurkan secara alami di dalam tubuh maupun kelainan pada darah akibat gula yang tinggi maupun darah yang kental.Anda dapat membawa ibu Anda konseling ke psikolog agar mau cuci darah sesuai indikasi dokter setiap minggunya. Tetap semangati ibu Anda dan rawat dia dengan baik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
komplikasi diabetesgagal ginjal kronisdiabetes ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil