Kanapa masih ada suara mengi setelah selesai pengobatan TB Paru?

XL Info Penanya: XL
Selamat malam dok, saya belakangan ini sering mengalami mengi. Kebanyakan jika bernafas melalui mulut. Tapi belum lama juga saya mengi muncul saat bernafas dari hidung. Sebagai tambahan dok bulan September 2019, saya dinyatakan sembuh dari tb paru dan kelenjar Kira2 apakah penyebab mengi tsb dok? Mohon dijawab terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang XL,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak.

Gejala yang sering muncul pada pasien TB Paru adalah :

  • Batuk yang berlangsung lama (3 minggu atau lebih), biasanya berdahak.
  • Berkeringat pada malam hari.
  • Penurunan berat badan.
  • Demam dan menggigil.
  • Suara paru ronki maupun wheezing
  • Nyeri dada saat bernapas atau batuk.
  • Lemas dan tidak nafsu makan.

Suara napas pada pasien yang sudah sembuh dari TB Paru biasanya akan membaik dengan seiring berjalannya waktu. Bila saat ini Anda masih mengeluhkan suara napas mengi atau wheezing sebaiknya periksakan kembali ke dokter paru. Untuk melakukan pemeriksaan kembali dan meninjau ulang semua hasil pegobatan Anda saat ini. Pikirkan juga penyebab lain seperti asma, bronkitis, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau penyakit lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi bronkiolus penting untuk sistem pernapasan manusia

Ini Pentingnya Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

Meski berukuran kecil, fungsi bronkiolus untuk kelancaran pernapasan tidak bisa diremehkan. Jika tidak dijaga kesehatannya, gangguan pada organ ini pun bisa menimbulkan berbagai penyakit pernapasan, mulai dari asma hingga influenza.