menghitung usia kehamilan bagaimana caranya?

ZZ Info Penanya: ZZ, Wanita, 1 Tahun
asalamualaikum wr.wb.Dok saya mau tanya soal usia kandungan saya.jd begini saya awal haid tggl 14 janwari dan belahir haid tggl 19 karna cuman 5 hri.Trus bulan berikut nya gak haid lagi sampai akhirnya saya cek kedokter tggl 21 pebuari.ternyata positiv hamil yang saya mau tau.sekarang kan april tggl 19. Kira kira kandungan saya baru brpa bulan ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ZZ,

Cara menghitung usia kehamilan adalah bisa menggunakan metode kalender ataupun melalui pemeriksaan USG. Jika menggunakan kalender maka perhitungan dimulai dari hari pertama haid terakhir.

Jika terakhir kali haid adalah tgl 14 januari maka saat ini usia kehamilan sudah memasuki usia 13 - 14 minggu. Atau sudah mulai memasuki trimester kedua. Dari perhitungan ini juga bisa didapatkan hari perkiraan lahir (HPL) yaitu tanggal 21 Oktober 2020.

Untuk itu perlu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada dokter spesialis kandungan ataupun pada bidan minimal 1 kali di trimester pertama, 1 kali di trimester kedua dan 2 kali di trimesteri ketiga.

Apabila belum pernah dilakukan USG ada baiknya bsia memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG agar diketahui kondisi tumbuh kembang janin dan kondisi kehamilan. Upayakan juga mengonsumsi makanan bernutrisi untuk membantu menjaga kandungan tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi >

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kualitas sperma sebenarnya tak sulit, Anda harus rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan sehat

Begini 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Istri Terus Nempel

Meningkatkan kualitas sperma penting dilakukan karena berpengaruh langsung terhadap kesuburan pria. Berikut langkah untuk sperma sehat dan membantu rencana kehamilan Anda.