Menghilangkan tanda lahir di muka

E Info Penanya: E, Pria, 2019 Tahun
Dok.. bagai mana cara menghilang kan tanda lahir di muka.. ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Tanda lahir di muka dapat disebabkan oleh berbagai jenis tanda lahir. Bisa terbentuk akibat zat warna kulit (pigment) atau karena pembuluh darah (vaskuler).

  • tanda seperti tahi lalat besar, noda coklat muda kecil, ataupun perubahan warna berupa kecokelatan disebabkan oleh kelebihan pigment.
  • tanda berupa warna kemerahan atau yang dikenal dengan bercak strawberry, hemangioma, disebabkan oleh pembuluh darah.

Umumnya menghilangkan tanda lahir dapat dilakukan dengan alat mutakhir seperti laser pigmen atau laser vaskular, bahkan pembedahan. Sampai saat ini belom ada krim atau obat oles yang dapat digunakan untuk menghilangkan hal tersebut dengan baik, sehingga menghilangkan tanda lahir masih membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Periksakan diri anda ke dokter spesialis kulit ataupun spesialis bedah plastik terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Umumnya menghilangkan tanda lahir karena membutuhkan alat mutakhir, hanya dapat dikerjakan di klinik-klinik dengan alat laser. Anda juga dapat mengunjungi klinik dokter estetik ternama dengan alat laser mutakhir untuk melakukan prosedur penghilangan tanda lahir.

Demikian penjelasan saya.

Salam sehat,

dr. Patricia Oktaviani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter dan para peneliti tidak menganjurkan baking soda untuk jerawat. Anda bisa coba cara alami lainnya, seperti cuka sari apel atau tea tree oil.

Mengulik Kegunaan Baking Soda untuk Jerawat, Apakah Aman dan Efektif?

Baking soda dipercaya bisa menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Walau demikian, masih sangat sedikit penelitian, tentang manfaat baking soda untuk jerawat. Apakah aman dan efektif?