Bagaimana menghilangkan sesak dan sakit pada dada kiri?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 17 Tahun
bagaimana cara menghilangkan rasa sakit pada dada sebelah kiri dan sesak nafas secara tiba tiba?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SR,

Sakit di dada kiri adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beragam faktor mulai dari gangguan pencernaan seperti asam lambung, gangguan saluran pernapasan, gangguan otot, gangguan psikis seperti cemas dan panik ataupun gangguan jantung.

Jadi perlu perhatikan keluhan sakit dada dan sesak timbul karena apa, dan juga ada keluhan lain apa yang menyertai agar membantu dokter untuk menentukan penyebabnya. Apabila sakit dada terasa hebat, mual, muntah, sesak napas disertai adanya suara napas tambahan, kuku dan bibir tampak kebiruan maka perle segera mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Untuk itu juga penting menjaga pola makan, hindari terlambat atau melewatkan waktu makan, hindari makanan yang memicu iritasi seperti makanan asam, pedas, berminyak ataupun minuman berkafein dan bersoda. Bisa konsumsi antasida sebelum makan jika keluhan lambung tidak nyaman. 

Nantinya dokter juga akan melakukan pemeriksakan untuk memastikan penyebabnya baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan USG ataupun rekam jantung jika diperlukan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tukak lambung bisa menjadi penyebab perut kembung pada lansia.

Tukak Lambung, Penyebab Perut Kembung pada Lansia

Tukak lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap terjadi pada lansia. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen.