16 Dec 2020, 19:42Kulit & Kelamin

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

A
Info Penanya: A, Wanita, 14 Tahun
Hi dok, saya mau tanya. Barusan saya search gitu cara untuk menghilangkan komedo . Dan ketemu caranya, menurut artikel kita bisa hilangin komedo dengan cara mencampurkan tepung maizena dan cuka. Apa benar dok bisa?
293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo A,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Memiliki muka yang bersih, terawat, bebas dari jerawat dan komedo adalah impian semua orang baik pria maupun wanita. Kulit yang sehat akan membuat percaya diri bagi orang yang memilikinya. Banyak cara yang dilakukan agar mempunyai kulit wajah yang bersih salah satunya menghilangkan komedo dengan menggunakan tepung maizena dan cuka.

Apa penyebab komedo ?

Komedo dapat ditemukan di seluruh tubuh termasuk muka. Komedo ini terbentuk karena sumbatan folikel rambut oleh sel kulit mati yang bercampur dengan minyak. Komedo ini bisa menjadi jerawat jika sumbatan bertambah banyak dikarenakan kebiasaan memegang wajah dengan tangan kotor sehingga menyebabkan infeksi.

Cara mengatasi komedo yang membandel

Komedo pada dasarnya bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara mengatasi komedo yang membandel antara lain :
  • Pengeluaran komedo menggunakan alat oleh terapis baik dokter kulit atau dokter kecantikan.
  • Salap atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid. Namun penggunaan krim ini harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis kulit Anda.
  • Plester penghilang komedo.
  • Peeling dengan mengelupaskan kulit mati yang ada hingga muncul kulit baru yang sehat.
  • Mikrodermabrasi oleh dokter kulit dan dokter kecantikan.
  • Terapi laser.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Selain itu Anda juga dapat menghilangkan komedo dengan bahan alami antara lain :
  • Masker dengan menggunakan madu dan gula.
  • Putih telur dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kencang dan komedo juga bisa hilang.
  • Lidah buaya.
  • Teh hijau yang digunakan sebagai masker.
  • Timun dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan lembab.
Penggunaan bahan alami ini harus hati-hati karena dapat menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit termasuk tepung maizena yang dicampur dengan cuka. Karena cuka yang bersifat asam, sebaiknya sebelum menggunakan sebaga masker muka, Anda coba gunakan di bagian kulit telinga belakang, jika tidak terjadi alergi seperti kulit memerah, gatal, dan bengkak, maka aman digunakan untuk muka Anda. Tetap jaga kesehatan kulit dnegan menerapkan pola hidup sehat, minum air putih yang cukup, makan tinggi serat dan rendah lemak, olahraga sekitar 15 hingga 30 menit setiap hari atau kurang lebih 5x dalam seminggu, konsumsi vitamin E sesuai dosis, dan hindari merokok serta stress.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan kulitmakanan penyebab jerawatkomedo putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil