Menghilangkan keloid dengan salep

PN Info Penanya: PN
Begini dok saya jatuh dari motor di jalan sudah 3 minggu yang lalu dan muka saya tergesek gitu dok letaknya di antara hidung dan mulut.ketika saya berobat saya diberikan salep yang namanya SALEP SANCORTMYCIN nah ketika sudah sembub ternyata ada masih ada lukanya berwarna coklat dan seperti ada jaringan parut atau keloid kecil di bagian luka tersebut jadi dok apakah salep itu bisa menghilangkan keloid tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PN,

Keloid adalah adanya jaringan parut yang bisa timbul pada bekas luka. Keloid sendiri bisa terjadi diseluruh bekas luka. Meskipun begitu tidak pada semua orang keloid bisa terjadi.

Apabila timbul bekas luka yang membesar dan bengkak serta berubah warna maka bisa merupakan tanda terjadinya keloid. Keloid sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor genetik, faktor ras, jenis luka yang timbul dan juga faktor lain seperti usia dan lainnya. 

Cara menghilangkan keloid

Untuk mengatasi keloid bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Dilakukan penyuntikan luka keloid untuk mengecilkan bekas luka
  • Menggunakan gel silikon
  • Dilakukan operasi untuk menghilangkan keloid
  • Dilakukan perawatan laser
  • Dilakukan cryotherapy atau dibekukan untuk mengempiskan keloid
  • Menggunakan bahan alami seperti bawang putih misalnya

Salep yang anda gunakan sendiri berisikan antibiotik dan kortikosteroid dimana memiliki efek untuk mengatasi infeksi bakteri dan juga meredakan peradangan. Tapi untuk menghilangkna keloid sendiri perlu digunakan penanganan lain. 

Ada baiknya periksakan diri pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi keloid Anda ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Plester luka yang menempel di lutut termasuk yang paling suit dicabut

Serba-serbi Plester Luka yang Perlu Anda Tahu

Plester luka mampu melindungi luka dari bakteri dan infeksi, sekaligus mempercepat penyembuhan. Karenanya, para ilmuwan terus berinovasi untuk menciptakan plester yang lebih efektif.