Menghilangkan bopeng di wajah

TH Info Penanya: TH, Pria
Bagaimana menghilangkan bopeng di wajah ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo TH,

Bopeng di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti bekas jerawat, bekas luka, iritasi karena produk tertentu dan penyebab lainnya. Untuk menghilangkan bopeng dapat dilakukan dengan produk yang dibeli bebas atau jika hasilnya tidak maksimal dapat memeriksakan diri pada dokter kulit atau dokter kecantikan agar dilakukan perawatan untuk mengatasinya.

Beberapa produk yang bisa digunakan untuk mengatasi wajah bopeng adalah yang mengandung asam salisilat, retinoid, alfa hidroksid acid, asam laktat ataupun menggunakan bahan alami seperti lidah buaya atau madu. 

Jika hasilnya tidak maksimal bisa dilakukan perawatan dengan dilakukan dermabrasi, chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun tindakan lain sesuai dengan jenis keluhan yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merawat kecantikan di pagi hari dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya adalah minum air putih

Berbagai Tips Merawat Kecantikan di Pagi Hari

Mencuci muka saja tidaklah cukup untuk mebantu membuat kulit wajah segar dan sehat. Untuk merawat kecantikan di pagi hari, Anda dapat berolahraga secara rutin, melakukan eksfoliasi, menghindari pemakaian makeup berlebihan, dan rajin menghidrasi kulit.