Menghilangkan Bekas Suntikan Keloid yang Berwarna Kehitaman

WP Info Penanya: WP, Wanita, 26 Tahun
Pagi Dokter, Saya sering suntik untuk keloid, tapi hasilnya tidak maksimal dan menjadi berwarna kehitaman dan injeksi dilakukan oleh dokter kecantikan. Hasilnya lumayan kempis tapi warna semakin gelap. Apa ada obat yang bisa diminum atau salep agar hasilnya maksimal?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu WP,

Bekas keloid yang menghitam sangat mungkin disebabkan karena pengaruh obat yang mengandung kortikosteroid yang disuntikkan pada waktu lama kedalam keloid. Selama bekas keloid ini tidak gatal, tidak meradang, berubah warna menjadi merah dan terasa panas maka sebenarnya proses penyembuhan yang terjadi sudah hampir sempurna.

Bila Ibu merasa terganggu dengan warna kehitaman yang ditimbulkan, maka mintalah salep racikan untuk memudarkan warna hitam ini dari Dokter spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK)

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memancungkan hidung dengan mencubitnya belum terbukti secara ilmiah

Cara Memancungkan Hidung dengan Mencubit, Mitos Atau Fakta?

Beberapa orang mungkin merasa kecewa dengan bentuk hidung yang dimilikinya. Tak heran apabila mereka berlomba-lomba ingin memancungkan hidung. Bukan dengan mencubit hidung, Anda sebaiknya tahu cara memancungkan hidung yang aman dan efektif.