02 Sep 2019, 15:59Kulit & Kelamin

Menghilangkan bekas luka yang lama dan menghitam, bagaimana caranya?

WA
Info Penanya: WA, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter,maaf ganggu waktunya nih saya Wendi dari Tasik mau tanya salep atau obat apa yang bisa ngilangin bekas luka yang lama (1thn) tapi udah menghitam dok saya malu karena kulit saya putih dan tidak pede.terimakasih
57708 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andre Zaini
(0)
Selamat pagi, WATerima kasih atas pertanyaannya.Bekas luka terbentuk ketika dermis rusak, dermis adalah lapisan dalam yang tebal dari kulit. Tubuh membentuk serat kolagen baru (suatu protein yang terjadi secara alami di dalam tubuh) untuk memperbaiki kerusakan dan menghasilkan bekas luka. Jaringan parut yang baru terbentuk akan memiliki tekstur dan kualitas yang berbeda dari jaringan di sekitarnya. Bekas luka terbentuk setelah luka sembuh total. Meskipun bekas luka tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, penampilan kulitnya dapat diperbaiki sampai batas tertentu. Beberapa metode untuk memperbaiki  penampilan bekas luka meliputi:
  • perawatan dengan salep yang mengandung vitamin E atau produk perawatan kulit yang dijual bebas dapat membantu menyembuhkan bekas luka.
  • operasi meskipun tidak menghilangkan seluruh jaringan parut, namun dapat mengubah bentuk bekas luka atau membuatnya kurang terlihat. 
  • suntikan anti radang untuk membantu meratakan lapisan jaringan parut terutama bekas luka keloid atau hipertrofik.
  • dermabrasi/laser menghilangkan permukaan kulit pada jaringan parut
  • filler dan microneedling, bisa mengandung produk stimulasi kolagen atau produk lainnya
Sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit karena bekas luka anda sudah lama sehingga memerlukan perawatan jangka panjang. Semoga penjelasan saya bermanfaat.Salam Sehat,dr. Andre Zaini
perawatan kulitperawatan lasermasalah kulitpenyembuhan luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil