Menghilangkan bekas gigitan nyamuk??

M Info Penanya: M, Wanita, 18 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.. kenapa setelah digigit nyamuk/pun serangga lain kulit saya jadi bentol-bentol ada airnya seperti cacar air? Kalo digaruk jadi membekas hitam-hitam, nggak digaruk pun sama. Bekasnya banyak dan susah hilang udah 3 tahun nggak hilang-hilang padahal sering makan sayur, rajin pake body lotion juga. Cara ngilangin bekas lukanya gimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, M.

 

Jika memiliki bekas gigitan nyamuk ditangan kemungkinan terlalu kuat saat menggaruknya sehingga menyebabkan penebalan pada kulit dan kehitaman

Untuk mengatasinya adalah:

- Gunakan pembasmi nyamuk 

- Gunakan body lotion agar kulit tidak kering

-Gunakan sabun yang memiliki moisturizer

- Hindari menggaruk dengan kuat saat gatal

-Cukup usap ketika anda gatal

- Bersihkan kasur dan lingkungan sekitar agar bebas dari gigitan nyamuk dan serangga

- Hindari stress

 

Untuk menghilangkan bekas luka pada kulit butuh proses dan waktu sehingga saya sarankan anda untuk ke dokter spesialis kulit agar diberikan pengobatan sesuai. Jangan gunakan prodak apapun tanpa pengawasan dokter apalagi obatnya itu tidak terdaftar di BPOM (Badan pengawas obat dan makanan).

 

Semoga membantu ya

Salam Sehat

dr. Karlina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.