Menggunakan softlens daripada kacamata, berbahaya kah?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Saya sudah lama memiliki minus dan silinder pada mata, dok. Namun demi penampilan yang lebih menarik, saya memilih softlens daripada menggunakan kacamata. Belakangan saya sering melakukan pembelian softlens melalui onlineshop. Apakah itu aman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sebagian orang memilih soflens (lensa kontak) dibanding kacamata untuk mengatasi masalah pebglihatan. Alasan yang paling umum, lensa kontak lebih praktis dan menunjang penampilan. Namun dibalik kemudahan soflens ada beberapa efek samping menggunakan soflens :

  1. Mata Kering
    Penggunaan soflens dalam jangka waktu lama bisa menggangu lapisan air. Lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi permukaan mata. 
  2. Mata merah
    Penggunaan soflens terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada mata seperti timbulnya konjungtivitis dan keratitis.
  3. Infeksi dan ulkus kornea
    Luka terbuka di kornea akibat infeksi yang paling parah bisa menyebabkan kebutaan.

Jika Anda sering menggunakan soflens dan mengalami keluhan tidak nyaman pada mata, produksi air mata berlebih, sensivitas yang tidak biasa terhadap cahaya, mata merasa gatal, terbakar atau berpasir, penglihatan kabur, dan timbul bengkak, sebaiknya segera di periksakan ke dokter mata. Selalu lepaskan soflens jika Anda akan mandi dan tidur untuk mencegah iritasi atau infeksi pada mata, selalu jaga kebersihan mata dan soflens yang Anda pakai.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi minus dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak.

Terapi Mata Minus, Solusi Efektif untuk Mengatasi Mata Minus pada Anak

Terapi mata minus dapat dipilih sebagai cara untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak. Pada anak dengan rabun jauh, terapi mata minus yang efektif untuk anak adalah menggunakan kacamata. Mata minus pada anak harus segera ditangani karena dapat berisiko menimbulkan berbagai gangguan mata.