Menggunakan pil KB, mens datang lebih cepat dan sudah satu minggu masih keluar. Apakah aman?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya mau tanya, saya menggunakan pil kb, dan menstruasi saya datang lebih cepat, awalnya darahnya berwarna coklat tua dan encer, darahnya juga tidak banyak ketika keluar dan sudah satu minggu darahnya encer yg keluar, apakah aman ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Y

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sudah berapa lama menggunakan pil KB nya? Apakah baru pertama kali? Pil KB termasuk kedalam kontrasepsi hormonal. Dimana kandungan hormon dalam pil KB akan mengubah keseimbangan hormon di dalam tubuh. Sehingga tercapai suatu kondisi yang tidak kondusif untuk terjadinya pembuahan oleh sperma. Kadang tubuh memerlukan waktu untuk adapatasi terhadap perubahannya. Sehingga menstruasi bisa agak berubah untuk beberapa siklus. Yang perlu dikhawatirkan bila menstruasi tersebut menyebabkan anemia (kekurangan darah) sehingga badan lemas atau pucat. Atau bila ada tanda infeksi seperti demam atau nyeri.

Bila ada tanda bahaya tersebut, sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium darah atau USG. Berikut artikel mengenai jenis-jenis gangguan menstruasi untuk menjadi referensi Anda. Jangan lupa banyak minum, istirahat yang cukup dan jangan terlalu stres agar menstruasinya bisa seperti semula.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.