Menggunakan krim pemutih dan saat ini gatal dan bentol di ketiak dan selangkan, gimana cara mengatasinya?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 24 Tahun
Dokter mau nnya dok??Saya pake cream pemutih ketiak sma slangkangan ngerasa gatel kyk bentol" dan sudah terlihat bekas hitam garukan nya.Gmna ya dok cara ngatasi nya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan kulit Anda mengalami dermatitis / radang kulit akibat kontak dengan zat pada krim pemutih. Kulit menjadi iritasi dan gatal terutama pada ketiak dan sela paha karena kulit sering bergesekan dengan kulit atau pakaian.

Penyebabnya bisa karena iritasi dari zat yang langsung merusak lapisan kulit bagian luar atau alergi dan menimbulan respon imun di kulit. Selain krim bisa juga karena sabun, deterjen, pelarut atau sering bersentuhan dengan air. Setelah tidak ada kontak maka kulit akan membaik perlahan-lahan.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan diagnosa dan pemberian terapi yang sesuai agar tidak bertambah parah. Berikut artikel mengenai obat gatal untuk dermatitis kontak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.