Menggunakan kondom tapi hasil testpack positif

L Info Penanya: L, Wanita, 27 Tahun
Dok saya ingin bertanya, sya dan suami sedang menunda kehamilan dan kami selalu menggunakan alat kontrasepsi (kondm) ketika suami sdh ingin keluar. Jdi ketika berhubungan dan blm ingin keluar kami tidak menggunakan alat kontrasepsi. Dan sya telat haid , hasil testpack sya positif dngan garis terang. Apa mgkin sya benar hamil dok? Pdahal suami kalau di dalam selalu menggunakan kondom, kalau tidak menggunakan pasti diluar. Mohon pencerahannya dok. Tks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya test pack yang diproduksi saat ini memiliki sensitivitas sangat tinggi hampir 99% akurat. Penggunaan kondom yang dipasang pada saat ingin keluar saja sebetulnya tidak betul sehingga tidak bisa menjamin mencegah kehamilan. Karena pada saat berhubungan, ada kemungkinan sperma yang keluar dengan cairan lubrikasi walaupun belum ejakulasi. Apalagi stimulasi saat berhubungan tanpa menggunakan kondom bisa membuat lupa diri sehingga ada yang tidak tertahan untuk keluar. 

Lain kali dengan penggunaan kondom seperti itu, sebaiknya dikombinasi dengan metode kalender. Atau sekalian diganti dengan metode kontrasepsi hormonal sehingga anda tidak perlu menggunakan kondom. Untuk konfirmasi apakah sudah terjadi pembuahan anda dapat diperiksa langsung dengan USG oleh Dokter Spesialis Kandungan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.