19 Aug 2021, 09:09Kandungan

Berhubungan seksual menggunakan kondom, apakah efektif mencegah kehamilan ?

IG
Info Penanya: IG0
Pagi dok, saya ingin bertanya Apakah berhubungan seksual hanya dengan menggunakan kondom sudah pasti efektif untuk mencegah kehamilan?? Apakah masih ada dok resiko tetap terjadi kehamilan??
135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Berhubungan seksual adalah salah satu kenikmatan yang dapat dirasakan oleh setiap pasangan. Tidak hanya kenikmatan dan kepuasan seksual yang dapat diperoleh dari hubungan seksual, setiap pasangan juga dapat dianugerahi keturunan dengan mengalami proses kehamilan.

Apakah berhubungan seksual menggunakan kondom, efektif mencegah kehamilan ?

Tidak semua pasangan mengharapkan kehamilan setelah berhubungan seksual terutama pasangan yang belum menikah atau pasangan yang ingin menunda kehamilan, pasangan yang sudah memiliki banyak anak, pasangan yang memegang prinsip tidak mau memiliki keturunan.Berhubungan seksual hanya dengan menggunakan kondom, efektif untuk mencegah kehamilan. Tidak hanya efektif mencegah kehamilan semata, penggunaan kondom juga dapat mencegah diri Anda terinfeksi dari penyakit menular seksual termasuk sifilis, gonore dan HIV.Penggunaan kondom akan efektif jika dengan cara yang benar, menggunakan kondom sejak awal berhubungan seksual, kondom dalam keadaan baik, tidak bocor dan pas dengan organ intim Anda, sperma tidak tumpah dan masuk ke dalam vagina.Tentunya pasangan Anda masih berisiko hamil saat Anda tidak menggunakan kondom dengan cara benar seperti di atas. Jadi jika pasangan Anda mengalami telat haid setelah berhubungan seksual, lakukan test pack atau konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil