Menggunakan KB suntik 3 bulan, perut menjadi sakit.

AF Info Penanya: AF, Wanita, 23 Tahun
Kenapa ya ko saya setelah suntik kb 3 bln perut saya jadi sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AF

Metode KB suntik 3 bulan, mengandung hormon yang bisa mencegah kehamilan selama 3 bulan. Jadi ada kemungkinan tidak menstruasi selama penggunaannya. Kadar hormon yang diberikan dalam jumlah yang lebih besar dibanding suntik 1 bulan dan pil KB. Efek lain dari hormon tersebut, mengakibatkan gangguan di saluran pencernaan. Gangguan di saluran pencernaan seperti mual, mules dan sembelit bisa terjadi.

Untuk mencegahnya anda perlu menjaga makanan anda, hindari makanan yang terlalu berbumbu, berminyak, asam dan pedas. Makan bisa dengan porsi lebih sedikit tapi frekuensinya lebih sering agar kondisi perut kosong tidak terlalu lama.

Anda juga dapat konsultasi dengan Dokter untuk penggunaan KB suntik tersebut, bila kurang cocok bisa dipertimbangkan metode kontrasepsi yang lain. Saya lampirkan artikelnya untuk referensi anda, Pilihan Alat Kontrasepsi Pria dan Wanita untuk Langgengkan Keluarga Berencana.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hubungan seks dapat memicu infeksi saluran kemih

Antibiotik untuk Infeksi Saluran Kemih Jadi Pengobatan yang Efektif

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan dan umumnya ditandai dengan nyeri perut bawah, demam, serta urin yang berwarna dan berbau. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi antibiotik tertentu untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.