Menggunakan kamar mandi campur apakah bisa hamil?

AL Info Penanya: AL, Wanita, 24 Tahun
Apakah menggunakan kamar mandi campur (pria dan wanita) bisa menyebabkan hamil?? Solusinya apa ya dok kalau misalkan bisa menyebabkan hamil dan terpaksa harus menggunakan kamar mandi tersebut??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AL,

Kehamilan dapat terjadi apabila ada sel sperma yang membuahi sel telur. Proses pembuahan sendiri bisa terjadi baik melalui hubungan seksual, melalui pembuahan in vitro atau dikenal dengan istilah bayi tabung. Sedangkan jika hanya menggunakan kamar mandi campur tentunya tidak akan menimbulkan kehamilan. 

Apabila merasa takut akan adanya sel sperma pada air, perlu diketahui jika sel sperma tidak bisa bertahan di luar tubuh terutama pada air yang dingin atau air yang panas. Sel sperma mungkin bisa bertahan beberapa waktu di air hangat tetapi sangat kecil kemungkinannya untuk bisa membuahi karena tidak bisa memiliki kemampuan menambus sampai ke sel telur.

Jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakan kamar mandi campur terlebih jika alat mandinya menggunakan shower atau jika menggunakan penampungan air ada baiknya bisa mengganti air sebelum digunakan. Begitu juga jika berenang bersama laki-laki. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.