Menggunakan IUD 10 tahun segera setelah melahirkan. Apakah harus diperiksakan tiap bulannya?

PD Info Penanya: PD, Wanita, 24 Tahun
Saya pemakai KB iud 10 tahun.. saat lahir dan langsung di pakaikan.. apakah harus diperiksakan tiap bulannya kldok mohon infonya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PD

Alat IUD (intrauterine device) yang dipasang di dalam rahim segera setelah melahirkan. Pada alat IUD tersebut ada suatu benang yang termasuk bagian dari IUD. Anda dapat melakukan pemeriksaan secara mandiri terhadap benangnya. Dengan cara memasukkan jari kedalam vagina dan merasakan benang tesebut. 

Selama 3 bulan pertama setelah pemasangan, anda dianjurkan untuk memeriksa setiap 3-7 hari untuk memastikan benangnya masih ada. Karena dalam 3 bulan tersebut, IUD bisa berubah posisi sehingga perlu dievaluasi secara berkala. Setelah 3 bulan anda dapat memeriksanya sekali tiap bulannya. Anda tidak perlu khawatir bila benangnya terasa lebih dekat ke pintu genital anda karena letak rahim bisa berubah mengikuti siklus menstruasi dan jumlah darah yang masuk ke dalam rahim.

Pada saat jadwal kontrol anda dengan Dokter Kandungan anda, akan dilakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) ulang untuk memastikan letak dari IUD di dalam rahim.

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih alat kontrasepsi perlu dipertimbangkan dengan saksama, termasuk KB suntik

KB Suntik, Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangannya?

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Seperti alat penunda kehamilan lainnya, alat KB ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?