Menggunakan insulin selama kehamilan apakah sesudah melahirkan masih memakai insulin?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 2019 Tahun
Dengan di obati insulin apakah selama batas kehamilan,atau sampai melahirkan. kemudian kalau sesudah melahirkan apakah masih pakai insulin.Dengan insulin tersebut selam kehamilan sampai melahirkan apa ada semacam ketergantungan atau ketagihan dengan insulin tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MD

Terima kasih atas pertanyaannya. 

Sebetulnya insulin itu sudah ada dalam tubuh kita, namun karena proses kehamilan memberi efek peningkatan gula darah yang berlebihan pada beberapa wanita sehingga diberikan insulin tambahan melalui suntikan. Biasanya setelah melahirkan gula darahnya akan kembali normal. Masalah bisa timbul pada ibu dan bayi bila gula darah terlalu tinggi oleh karena itulah maka diberikan terapi insulin. Penyebabnya kemungkinan dari meningkatnya hormon yang berfungsi mempertahankan kehamilan namun mengakibatkan resistensi dari insulin.

Insulin fungsinya memasukkan glukosa dari darah ke sel untuk menghasilkan energi. Pada kehamilan, terjadi resistensi insulin dengan tujuan agar glukosa juga diberikan pada bayi. Kalau glukosa terlalu banyak otomatis bayinya menjadi besar. Sedangkan pada ibu, bila gula darah tidak terkontrol dalam masa kehamilan menjadi faktor resiko terjadi preeklampsi. Sehingga insulin diberikan secara supportif tergantung kadar gula darahnya, jika tinggi maka dosis insulin tinggi, jika sudah berkurang maka dosis bisa dikurangi. Sebaiknya diskusi juga dengan Dokter Kandungan Anda pada saat kontrol kehamilan.

Anda juga bisa baca artikel mengenai Pola Makan Sehat pada Diabetes Gestasional.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MD
06 Sep 2019, 06:47
Dengan insulin tersebut Apakah ada ketergantungan atau ketagihan sehabis melahirkan
Dibalas oleh MD
06 Sep 2019, 06:47
Dengan insulin tersebut Apakah ada ketergantungan atau ketagihan sehabis melahirkan

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Air es dapat membuat ibu tetap terhidrasi sehingga tidak kekurangan cairan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ini Penjelasan Medisnya

Mitos yang beredar bahwa ibu hamil tidak boleh minum es, karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang besar. Penjelasan medis menyatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi es agar tidak kekurangan cairan yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin.